Ingin Bepergian Dengan Layanan Sewa Mobil Di Pekanbaru? Cek Dulu Komponen Mobil Anda!

Banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan beroda empat. Tidak hanya kualitas mobil, kecakapan pengemudi, surat-surat kendaraan, dan lain sebagainya juga harus menjadi perhatian. Apalagi jika anda menggunakan layanan Sewa Mobil Di Pekanbaru.

Untuk menyewa kendaraan tanpa pengemudi, kita harus benar-benar mengetahui terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan kita kendarai agar tidak ada masalah di perjalanan nantinya. Beberapa komponen penting yang perlu dicek pada kendaraan yaitu sebagai berikut:

11 Komponen Penting Yang Perlu Diperiksa Ketika Menggunakan Layanan Sewa Mobil Di Pekanbaru

  1. Oli Mesin

Cara mengeceknya yaitu dengan menggunakan stik oli untuk memeriksa level volumenya. Pastikan oli mesin ada berada pada kondisi cukup yaitu berada pada garis tanda L atau F atau sedikit di bawah dari F.

Anda bisa menambahnya jika sudah berkurang. Pastikan bahwa volume oli mobil anda masih berada pada level yang cukup untuk dipergunakan dalam perjalanan jarak jauh.

  1. Filter dan Selang Bensin

Pastikan kondisi filter dalam keadaan bersih dan tidak tersumbat. Kemudian, selang bahan bakarnya tidak mengalami keretakan atau bocor.

  1. Aki Mobil

Pastikan tidak ada kotoran atau kerak yang menempel pada aki mobil. Cek juga volume air akinya dan tambahkan dengan air aki murni jika sudah mengalami pengurangan.

Aki mobil berkaitan dengan sistem starter kendaraan yang merupakan bagian penting pada kendaraan. Oleh karena itu sebaiknya diperiksa sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

  1. Air Radiator dan Air Reservoir

Air radiator harus dalam kondisi penuh sementara air reservoir sampai pada batas levelnya. Kemudian periksalah masing-masing selang yang terhubung pada keduanya. Jika ternyata sudah retak atau menggelembung, sebaiknya segera diganti untuk menghindari resiko selang tersebut pecah atau mengalami kerusakan ketika sedang dalam perjalanan. Cek juga sambungan dari selang radiator ke mesin.

  1. Kipas Pendingin

Untuk kipas pendingin yang digerakkan oleh motor listrik, periksalah kondisi motor listriknya. Begitu pun jika digerakkan oleh belt, periksalah kondisi fisik belt tersebut.

Dalam perjalanan nanti, sesekali perhatikanlah jarum penunjuk temperatur yang menggambarkan sistem pendinginan mobil. Apabila jarumnya melebihi setengah, lebih baik hentikan kendaraan untuk sementara waktu  untuk menunggu mesin mobil menjadi dingin.

  1. Timing Belt

Periksa speedometer anda untuk mengecek jarak tempuh yang sudah dilalui oleh kendaraan tersebut. Jika sudah mencapai 50000 km, gantilah timing belt  dengan yang baru meskipun yang sebelumnya belum mengalami kerusakan.

  1. Filter Udara

Bersihkan filter udara kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

  1. Rem Mobil

Rem adalah salah satu komponen penting pendukung keselamatan dalam berkendara. Yang perlu dicek adalah volume oli rem pada reservoir ,juga kampas rem. Bersihkan kotoran-kotoran yang melekat pada kampas rem.

  1. Ban Mobil

Periksalah tekanan angin dan kondisi tapak pada ban. Selain itu, ban cadangan pun perlu anda periksa agar siap dipakai ketika tiba-tiba dibutuhkan.

  1. Wipper Kaca Mobil

Pastikan wipper bekerja dengan baik pada saat terkena hujan.

  1. Lampu Mobil

Cek semua lampu yang terdapat pada mobil apakah menyala dengan baik atau ada yang mati. Segera lakukan penggantian jika ada yang mati.

Cukup banyak juga komponen yang harus diperiksa, ya? Anda akan dibantu oleh pihak rental tempat sewa mobil di Pekanbaru dalam pengecekan berbagai hal tersebut karena telah menjadi bagian dari pelayanan mereka.

Meskipun tanpa menggunakan mobil pribadi, anda akan tetap merasa nyaman dan bisa menikmati perjalanan. Layanan Sewa Mobil Di Pekanbaru tentu saja selalu mengutamakan kenyamanan konsumen yang menggunakan armadanya.