9 Langkah Mendirikan Usaha Sewa Mobil Toyota Hiace Pekanbaru

Manusia dan segala aktivitasnya tidak bisa lepas dari yang namanya transportasi. Mobilisasi yang tinggi bisa didapatkan salah satunya adalah dengan  Sewa Mobil Toyota Hiace Pekanbaru yang praktis dan memudahkan bagi yang belum memiliki kendaraan beroda empat pribadi dan tidak ingin menggunakan transportasi umum.

Usaha penyewaan mobil ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan beberapa kriteria. Ingin tahu langkah-langkah apa yang harus dilalui di awal mendirikan usaha ini? Berikut uraian singkatnya.

Langkah-langkah Memulai Usaha Sewa Mobil Toyota Hiace Pekanbaru

  1. Menentukan Jenis Usaha Sewa Seperti Apa yang Ingin Dilakukan

Ada 3 model penyewaan yang bisa dilakukan yaitu sewa kendaraan, carter mobil ataupun antar jemput. Meski dapat dilakukan sekaligus ketiganya, memusatkan fokus pada salah satu jenis usaha saja akan lebih memudahkan pengelolaan. Hasilnya pun bisa lebih maksimal.

  1. Memilih Jenis Kendaraan yang Akan Disewakan

Jenis-jenis mobil yang dapat disewakan seperti mobil keluarga, mini bus, bus besar atau pick up. Semakin banyak jenisnya, makin besar pula kemungkinan jumlah konsumen yang datang.

  1. Memperoleh Kendaraan

Jika modal awal yang dimiliki cukup untuk membeli mobil sendiri, maka anda bisa membelinya. Selain dengan cara tunai, pembelian bisa juga dilakukan dengan cara kredit. Dengan catatan, tidak perlu memaksakan diri untuk mengambil kredit yang terlalu besar agar pembayarannya tidak terlalu memberatkan di kemudian hari.

Kita juga bisa bekerjasama dengan orang lain baik investor yang memberikan dana untuk modal ataupun dengan pemilik kendaraan yang ‘menitipkan’ mobilnya untuk disewakan.

  1. Menetapkan Harga

Sebelum menentukan harga, sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu terhadap usaha sejenis yang ada di lokasi yang sama. Harga-harga yang perlu dicek meliputi harga sewa mobil, bahan bakar, hingga upah pengemudi. Dengan demikian, harga yang ditetapkan nanti tidak berbeda jauh dengan yang sudah ada, tidak jauh lebih mahal ataupun terlalu murah hingga merugikan.

  1. Memilih lokasi

Carilah lokasi yang strategis digunakan sebagai tempat usaha sewa mobil Toyota Hiace Pekanbaru. Idealnya, lokasi yang digunakan berukuran agak luas agar dapat menampung mobil-mobil yang akan disewakan.

  1. Menyiapkan Kantor dan Perlengkapannya

Jika usaha awal dimulai dari rumah, maka kantornya bisa menggunakan salah satu ruangan yang ada di bagian depan rumah. Namun, jika telah memiliki lokasi sendiri, kantor pun dapat dibuat secara permanen dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Sebagaimana layaknya kantor, berbagai perlengkapan pun sebaiknya disiapkan. Yang paling standar adalah perlengkapan tulis menulis, kwitansi, kemudian dilengkapi dengan meja administrasi, kursi tamu, dan lain sebagainya.

  1. Merekrut Tenaga Kerja

Dalam usaha sewa mobil Toyota Hiace Pekanbaru ini, tenaga kerja utama yang diperlukan adalah pengemudi dan bagian administrasi. Anda bisa mengerjakannya sendiri jika modal usaha masih minim dan jumlah kendaraan baru satu unit. Namun jika sudah mulai bertambah, diperlukan bantuan dari orang lain agar pekerjaan-pekerjaan yang masuk dapat ditangani dengan baik.

  1. Membuat SOP (Standard Operating Procedure) dan lain-lain

Usaha yang dijalankan secara profesional tentu memiliki SOP khusus yang dijadikan pedoman dalam mengambil berbagai keputusan. Tujuannya adalah agar kualitas pelayanan tetap terjaga.

  1. Mempersiapkan Perlengkapan Marketing

Untuk mengenalkan usaha kita pada masyarakat sekitar, diperlukan papan nama, spanduk, brosur, dan lain-lain. Dengan cara ini, usaha kita akan mudah dikenali orang.

Demikian langkah-langkah yang perlu dilewati jika ingin membangun usaha sewa mobil Toyota Hiace Pekanbaru. Terlihat mudah namun tentu saja harus ditekuni secara serius karena bukan merupakan jenis usaha yang murah. Jika ingin memulai usaha serupa, anda bisa menyiapkannya mulai dari sekarang. Berminat?